Wisata Kota Tua Depok

Minggu, 4 Desember 2011

Kembali para punggawa berkeinginan menyelusuri kota tua yang ada di Depok, namun kali ini bukan hanya sekedar menyelusuri tetapi benar benar dipandu oleh seorang yang mengetahui banyak tentang kota tua. ya beliau adalah orang nomor satu Depok Heritage Community (DHC).

Perjalanan diawali dari basecamp tepat pukul 08.00 setelah hadirnya rombongan ODOB dari taman mini para punggawa seperti biasa menyambut mereka dengan hangat. Cukup lumayan banyak punggawa yang hadir saat itu. siapa mereka yang terekam kamera om Andri ketua ODOB, inilah mereka

kebersamaan sebelum wisata

Dalam kebersamaan itu ada moment yang sangat membuat kesan lebih di hari Minggu yang cukup cerah yakni pertukaran cindra mata antar komunitas ODOB memberikan cindra mata berupa bendera kebesarannya sementara DHC  menyerahkan stiker.

tukar cindera mata sebagai pengikat memory

Tampak dalam gambar om Andri selaku ketua ODOB menyerahkan cindera mata kepada bu Ratu selaku ketua DHC. dengan disaksikan oleh orang nomor satu dari DeFOC bang Nungki. Semoga pertukaran ini bisa terasakan hingga kapanpun.

Setelah selesai beramah tamah perjalanan wisata dimulai dengan berdo’a bersama agar perjalanan wisata ini memberi kenangan yang dalam dan menjadi catatan tersendiri bagi para punggawa serta mendapat kemudahan dari Tuhan.

Rute yang dilewati jl. Kartini, jl. Pemuda, jl Siliwangi masuk ke samping jalan RS Hermina untuk menuju makam kamboja, disinilah  presiden Depok pemerintahan Belanda mendiang Johanes Matheis Jonathans dan anaknya Presiden terakhir Cornelis Josef Jonathan beristirahat untuk selama-lamanya. Sebelum ke makam rombongan wisata melintas di pertigaan jl pemuda, disana bu Ratu menjelaskan akan keberadaan tiang bersejarah yang hingga kini masih tetap berdiri kokoh. Salah satu peninggalan sejarah pemerintahan Belanda tiang ini dipergunakan untuk sambungan telepon. Inilah tiang bersejarah itu

Tiang telepon bersejarah

 Sayang tiang ini tidak terawat sehingga saat gambar ini diambil tampak ada bendera dan berseliweran tali pengikat spanduk. Semoga sajian ini bisa dibaca oleh para pemegang keputusan khususnya dinas Pariwisata agar bisa menjadikan benda ini sebagai salah satu yang dilindungi.

Selanjutnya rombongan menuju gedung pusat pemerintahan kota Depok yang sekarang menjadi Rumah Sakit Harapan di jalan Pemuda sejenak kembali DHC memberi penjelasan sejarah tempat itu dengan diaminkan oleh para punggawa DeFOC dan ODOB, serasa perjalanan itu memberikan wawasan baru bagi ontelis. Inilah bangunan itu

Gedung bersejarah yang disulap menjadi RS

Laju sepeda perlahan digerakkan menuju peninggalan sejarah kota tua yang masih ada di jl pemuda, yaitu gedung SD center sebagai sekolah bagi pendidikan guru yang sekarang menjadi SD  Pancoran Mas II. Saat itu para punggawa serasa berada dalam gedung megah yang memberi kenyamanan karena kalau saat itu ada lindung gedung ini tetap memberi perlindungan dari guncangan. Didalamnya material dinding lantai dan plafon masih sangat kokoh. Luas per ruangan saat penulis ukur berkisar 7,2×6,8×3 M3 dan dalam gedung itu terdapat 5 ruangan dengan pintu hantaran disetiap ruangan.

SD Pancoran Mas II saksi bisu wisata kami

Di salah satu kelas kembali orang nomor satu DHC menjelaskan sejarah gedung ini, kami laksana siswa mendengarkan di atas kayu jati yang usianya melebihi usia kami. Sungguh gedung dan sarana yang bersejarah, semoga tidak hilang walau fungsinya digeser menjadi tempat penempa generasi Depok.

Setelah berfoto foto perjalanan dilanjutkan menuju gedung YLCC (yayasan lembaga cornelis chastelein), sebuah tempat yang bangunannya tidak beda dengan bangunan yang sebelumnya, dimana tiang tiang penyangga yang besar dan pintu jendela kayu masih memberikan kegagahan pemerintahan mendiang Cornelis Chastelein.

Tetap kokoh walau usianya ribuan tahun

(bersambung)

Iklan
This entry was posted in ontel.

69 comments on “Wisata Kota Tua Depok

  1. Onthelkukusan berkata:

    pertama :
    nyesel gak ikut perjalanan wisata di Kota Tua
    terima kasih untuk kameramen
    diriku masih nampak di WK

  2. Rangga Tohjaya berkata:

    Wah…perjalanan yg sangat menarik….mestinya kita memang harus lebih mengerti tentang sejarah kota kita ini….Bung Karno bilang L Jas merah…jangan melupakan sejarah……..mohon maaf nih saya belum ikutan lagi ngonthel….sangat sangat sangat kangen dengan dulur onthelis di Walikota sana………..

  3. nonameonthelis berkata:

    Ya nih kong gusti ngilang terus kemana aj sampai kangen ama kacamatanya….

    • Rangga Tohjaya berkata:

      lagi nglakoni topo broto……lah kalao sudah jadi pendito (bukan pendito Durno lho yah…) mesthi harus gentur tapane….kareben lebih kuat ngontele…(hayooo..ngonthel yang mana ????? yah ngonthel sepeda to…….Defoc…. ai laf yu pulllllll……

  4. Onthelkukusan berkata:

    topo = noTO uPO
    broto = ?

  5. Ratu Farah Diba berkata:

    Semoga tulisan ini akan memiliki arti buat teman2 sekalian dan menjadi tahu bahwa Depok memiliki sejarah di masa lalunya bukan hanya mengetahui Depok sebagai kota administratif yang telah berusia 12 tahun yang memang itu yg diakui oleh pemda sekarang. Tapi bahwasannya pemda Depok juga telah mengetahui ttg sejarah tersebut dan akan dimasukan dalam kurikulum sekolah sebagai muatan lokal.. Semoga tak akan ada lagi kesalahfahaman dalam menanggapi sejarah Depok Tempo dulu, ikuti nanti akan diadakan pameran kota tua dan sejarah Depok serta liputan dan tayangannya di Trans TV dalam Jelang Siang jam 12.30 pada hari Jum”at tgl 16 Desember 2011 tentang liputan wisata sejarah Depok

  6. wong-cilik berkata:

    kapan ada lagi om ?

    ajak2 ya…

  7. wong-cilik berkata:

    ngomong2 itu gedung yg gambarnya paling bawah udah ribuan tahun umurnya ?
    ratusan tahun kali om…wkwkwk 😀

    • Rangga Tohjaya berkata:

      terima kasih om Heru atas koreksinya …yah memeng baru ratusan tahun aja kok….yah paling paling dibangun nggak jauh dari dibuatnya onthel GAZELLE yang pertama …maklum yg nulis sambil ngantuk…setelah seharian ngonthel…yg jelas gedung tsb dibuat jamannya LONDO bercokol di Indonesia gitu Om…dan tidak melebihi dari jaman Nabi Musa…he he he he…..matur nuwun..

  8. Onthellawas berkata:

    Om Rangga Heri Tohjaya Agusti :
    betul om baru ratusan tahun aja
    wong tahun masehi nya aja baru 2011

  9. gazellemania berkata:

    kringggg…………..ngggggggg

  10. Rangga Tohjaya berkata:

    wah sepi lagi ?????? …kemana..kemana..kemana ??? dicariin tuh sama Ayu ting ting……..

  11. piro berkata:

    Om Rangga :
    Iya sepi om…….

    om Nungki
    ma’af om aku gak bisa mampir di pameran fisip UI
    gak keburu waktunya
    jam 9 malam baru nyampai di rumah

  12. wongkukusan berkata:

    Ayu ting2 minta diboncengin onthelnya om rangga

  13. ubai berkata:

    punteun…………….

  14. gazellemania berkata:

    Kepada temen2 Onthelis DeFOC :
    Selamat Tahun Baru
    Happy New Year
    Sugeng Warso Enggal
    Semoga ditahun 2012 silaturahim kita semakin erat
    Persahabatan kita semakin hakiki
    mari kita jadikan masa lalu sebagai kaca benggala
    untuk menatap masa akan datang yang lebih baik
    mari kita koreksi bersama
    yang baik kita lanjutkan, dan
    yang tidak baik kita tinggalkan
    Salam DeFOC

  15. Rangga Tohjaya berkata:

    hayoooo…yg tidak baik mana ? yg baik mana?
    yg jelek ditinggalkan…..yg baik diambil…..he he he he ..itu sih nyolong sandal di Mesjidnya Om Gunadi……….
    Wis lah..pokoke hari ini lebih baik dari hari kemarin…tahun ini lebih baik dari tahun kemarin….itu kata pak Ustadh ……..yg kemarin onthelnya “jelek”, beli lagi onthel yg buagussssssss…..

  16. Joko Wiyono DeFOC berkata:

    ting…ting… Selamat Tahun Baru Pa’De, Bu’De, Om, Tante, Kang Mas, Mbak yu,Sedulur Kabeh… Smoga Tahun Ke depan Lebih Baik, Bisa Makin Guyub, dan Tetap Melestarikan Sepeda Tua…..

  17. lukisan bunga berkata:

    tetap lestarikan… 🙂

    salam kenal n sukses selalu….

  18. pewe-0904 berkata:

    selamat tahun baru juga kpd semua temen2 DeFOC.
    maaf belum sempat ke WK, abis di bogor ujan terus sih….

  19. ubai berkata:

    om pewe, tapi jangan kirin banjir bandang ya …………..

  20. gazellemania berkata:

    Halo pa kabar temen DeFOC semua
    Ma’af kemaren batal gowes ke WK
    sampai di perjalanan hujan
    jadi putar haluan 180″

    Untuk Slamet :
    Selamat telah dikaruniai momongan
    Selamat telah menjadi ayah
    jaga dan rawat baik2 anaknya ya

  21. Rangga Tohjaya berkata:

    Yah….”sami mawon”……ngacir balik untuk menyelamatkan sepeda biar nggak tambah karatan….terus makan soto utk menyelamatkan perut yg sudah dangdutan…….terus pulang utk menyelamatkan istri yg kedinginan……..terus..terus..terus………..
    Selamat buat Kang Slamet yg udah beranak (istrinya)….eh maksudnya telah mendapat momongan yg tentunya imut imut yah Kang……

  22. ubai berkata:

    punteun…………………bade ngegowes

  23. gazellemania berkata:

    kring……………

  24. Bayu berkata:

    yooooook ke Walikota lagi biar tambeh rame……

  25. andri gendut berkata:

    kring kring ting -tong numpang lewat ah buru-buru mau k wk nih

  26. bayu berkata:

    sukurinnnnnnn

  27. wongkukusan berkata:

    Om Rangga bayu Tohjaya :
    iya om sepi…..
    lagi pada merenung

  28. wongkukusan berkata:

    Buat Temen2 DeFOC semua :
    Besuk malam temen kita Mas Slamet akan melaksanakan Aqiqah putrinya yang pertama.
    Mari kita doakan, agar putrinya jadi anak yang solekhah, bakti kepada orang tua, agama dan bangsa.

  29. ubai berkata:

    defoc ga di undang ya pak haji, selamat aja deh buat pak selamet yg lg syukuran, cuma bisa do’ain anaknya menjadi anak yg sholehah…………..

  30. pewe-0904 berkata:

    buat mas selamet, sy ucapkan selamet ya…

  31. Rangga Tohjaya berkata:

    buat Om Selamet….pokoke Selamet ya Om…Selamet ..Selamet..Selamet…….

  32. Riyanto berkata:

    Komunitas onthel depok dimana ya

  33. bayurosadah berkata:

    @Riyanto……tiap Minggu pagi jam 7.00 ngumpul di base camp : depan Walikota Depok

  34. Bayu berkata:

    lah…yg liputan Ultah Kosti mana Om??
    lebih cepat l…….lebih bagus………….
    Om Andriiiiiiiiiiiiiiii kemane aje luh….lagi ngurusin badan yah

  35. guntur berkata:

    mana nich foto foto Ultah kosti ditunggu……penampakannya soalnya nggak bisa hadir….salam ontel

  36. andri gendut berkata:

    ting tong ting tong …… Ia nih foto yg kemaren minggu belum muncul pie toh ha ha ha eang rangga agusti bisa aja ……… minggu bsk acara kemana nih

  37. wongkukusan berkata:

    Om Guntur :
    kemana aja,…
    lagi ngelus-elus BSA nya ya
    minggu besuk ya ke WK aja

  38. wongkukusan berkata:

    kring……………………

  39. ubai berkata:

    minggu besok acara nya ke Kota Wali …………………..

  40. guntur berkata:

    foto 2 terbarunya belum ada nicchhh

  41. gunadi berkata:

    ting tong…………..

  42. gunadi berkata:

    kring………..
    ting tong….
    Purwokerto…….. Purwokerto
    siapa ikut

  43. gunadi berkata:

    kring…….. test

  44. gunadi berkata:

    test lagi…..
    kring…..

  45. gunadi berkata:

    halo…
    temen2 DeFOC….
    minggu ke WK lho,
    jangan lupa..

  46. ubai berkata:

    ma’af pak haji kemaren absen, ada acara ke bogor………………….

  47. gunadi berkata:

    padahal rame lho
    ada 50 orang

  48. eddyubaidillah berkata:

    2 minggu yg lalu juga sekitar 50 an pak haji he…he…..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s