Asal Usul

  • Aris Sekjen DeFOC

    Sekitar pertengahan tahun 2007 saya, bang Otoy dan pak Eko bertemu saat tengah menikmati kereta angin, kemudian berbincang di Starbuck Coffe dan sepakat untuk ngontel bareng.

  • Bertiga kami terus bersama dan pada suatu kesempatan bergabung dengan teman-teman KOBA.
  • Karena jarak tempuh menuju HI cukup lumayan dan adanya keyakinan di Depok banyak yang memiliki sepeda ontel, maka kami sepakat MEMBENTUK KOMUNITAS ONTEL di kota Depok. Temen-temen KOBA pun mendukung rencana ini. Akhirnya pada tahun yang sama resmilah KONEK (Komunitas Ontel Depok) berdiri.
  • Pada Tanggal 8-9 Februari 2008 diadakan Kongres Sepeda Tua se-Indonesia pertama dalam rangka pembentukan KOSTI di Bogor. Kami bertiga mewakili kota Depok ikut terlibat dalam kelahiran KOSTI.
  • Pada Tanggal 27 April 2008 pemerintahan kota Depok merayakan hari jadinya kota Depok yang ke-9, kami sepakat untuk memilih hari jadinya kota Depok sebagai hari jadi komunitas ontelis kita.
  • Ikut dalam event Depok Fun Bike kami berhasil merekrut anggota baru hingga berjumlah 25 orang. Disinilah kita bertemu dengan bang Nungky.
  • Pada perayaan yang sama kami ikut ambil bagian dalam Parade Budaya di sepanjang jalan Juanda dengan dukungan (alm) Bang Jhon dan temen-temen KOBA. Cek Liputannya disini
  • Dari sekian ontelis yang tergabung aktif hanya bang Otoy, Pak Eko, bang Nungky, (alm) Pak Musaih, bang Yima, bang Toto dan saya, kemudian dalam perjalannaya hanya menyisakan saya, bang Otoy dan bang Nungky.
  • Setelah berinteraksi dengan para ontelis KOBA dan berdialog dengan tokoh-tokoh berpengaruh seperti Ananta gendeng (alm) bang Jhon dan yang lainnya, kamipun sepakat merubah semua simbol-simbol KONEK dan mengganti nama dengan DeFOC
  • Lambat laun datanglah pak Waluyo, Musa, pak Hari Budi, Heri Sadewa dan pak Kusmanto ikut mewarnai DeFOC dengan sepedanya
  • Melakukan pertemuan di Setu Babakan dan menyepakati AD/ART dan menetapkan logo DeFOC pada tanggal 27 April (hari lahirnya kota Depok) sebagai hari lahirnya komunitas ontel yang bernama DeFOC
  • Berjalannya hari anggota DeFOC terus bertambah dengan hadirnya mas Slamet, pak Widi, bang Boy, pak Sutadjab dan lain lain
  • Pada Musda Kosti se JABODETABEK menghasilkan penetapan bang Nungky sebagai ketua DeFOC sekaligus sebagai ketua Korwil KOSTI untuk wilayah Depok.
  • DeFOC terus berkembang dengan segala dinamikanya hingga hari ini

Depok, 10 April 2010

Aris DeFOC-0903

32 comments on “Asal Usul

  1. DeFOC-0926 berkata:

    Nah ini die, yang saya tunggu bang, selama ini masih simpang siur sih

  2. pewe 0904 berkata:

    cikal bakal lahirnya DeFOC yang akhirnya tumbuh kembang & meluas seperti sekarang ini.

    btw oom yima 0909 kemana aja ya?

  3. Gun kukusan berkata:

    Ini juga cerita asal usul :
    Pada tahun 2004, gunadi sudah mengendarai speda gazelle heren uk 24.keluaran tahun 1917.
    waktu itu baru aku sendiri yang pakai,
    temen2 kerja hanya lihat,senyum,mungkin senyum dianggap aneh atawa lucu atau lainnya.

    Selang 2 tahun kemudian,temen2 pada nelpon bapaknya,kakaknya,adiknya dan emaknya yang ada di Gombong dan Purwokerto, supaya dikirimi sepeda onthel.(singkat cerita jadi buanyak banget)

    Pada suatu minggu pagi yang cerah,tahun 2008
    aku gowes Batavusku ke Depan WK
    ehh ketemu 2 sosok onthelis
    setelah kenalan namanya om Nungki dan om Pewe.
    jadilah sampai sekarang ini.

  4. Here 0918 berkata:

    jelas sudah……….!!

  5. ali santosa berkata:

    wah jadi tau sejarah Defoc nih..dan sejarah om gun gowes…yg lebih asik lagi kl dibuat sejarah sepeda para anggota dilengkapi dgn fotonya..biar kita bs tau sejarah sepeda masing2..bravo DeFoc..

  6. Here 0918 berkata:

    ho ho ho ho……ada yang ketipu toh……..?

  7. Here 0918 berkata:

    A S A L . . . . U S U L . . . ! ! !

    ASALnya…memang saya suka bersepeda dan berteman……

    USULnya…jadikan semboyan “MENJALIN PERSAHABATAN YANG HAKIKI” untuk dapat mewujudkan kebersamaan serta persaudaraan diantara kita tetap terjaga dengan baik ok..!

    Om Noengky,Om Aris,Om Otoy, Terima kasih….karena Om NAO saya dipertemukan dengan teman2 yang menyenangkan di “DeFOC”.

    BRAVO DeFOC……!!!!!!!!

  8. lendri katel berkata:

    aye mw gabung di KONEK dong

  9. bastomy 0955 berkata:

    Nah begitu baru Jelas !!! Asal Usul DeFoc.. walau aku termasuk punggawa anyar…ucapin selamat buat mas Aris yang sudah menjelaskan semuanya…. BRAVO Defoc !!!! …..

  10. faozanvanjava berkata:

    Bravo DeFOC, setelah tahu asal usul jadi pengin nyusul gabung neh,langkah pertama sudah saya lakukan dengan mengimport Humber/26 warisan Pak Dhe dari Tegal…pengin gabung,… Kulonuwun semua ,…. Salam dari Lembah Griya Citayam

  11. waluyo berkata:

    oom admin, katanya tgl 13 kemaren ke ONCOM ?
    liputannya mana? masih diproses kah?

  12. suketi berkata:

    mungkin photonya belum kering kali, soalnya kan musin ujan.

  13. Gun DeFOC berkata:

    kamera om admin ketinggalan di rumah
    jadi liputannya hanya dalam lamunan saja

    • segokucing 0905 berkata:

      Ass mau nanya nih pakdhe,sepedaku yang humber jengki (cat putih) kalo udah ditambahi gigi shimano apa masih layak disebut ontel.Tuntutan kahanan je,medan jelajah sukatani-WK naik turun.maana tahan coy.Jangan lupa catatan tentang gazelle

      • Gun DeFOC berkata:

        ditambah perseneling merk apa saja sah2 saja pak
        Gazelle keluaran 2010 saja persenelingnya juga simano 9 speed
        jadi ini kan untuk antisipasi medan jalan dan kondisi dengkul kita
        asal jangan dipasang perseneling dan mesin motor,
        namanya jadi onthor (onthel motor)

  14. waluyo berkata:

    weleh-weleh…kok bisa gitu. sepertinya oom admin pulang dari bogor mampir ke oom gun, trus kecapean deh, sampe lupa sama cameranya.

  15. haryanto berkata:

    Mhn Izin Gabung/memperkenalkan diri Sesepuh Konek Depok. saya Hary di Margonda Raya Mhn izin Gabung Humberh 53

  16. anzay berkata:

    mantabz,,,salut bgt dah; mudah2n jaya trussss DeFOC

  17. santoso berkata:

    bang qlo mw brgabung caranya gymna…
    qlo sepeda ga kumbang tpi jengki gymna bang…

    • humbermania defoc 0905 berkata:

      tararengyu mas santosa,silakan merapat dengan ‘jengki’nya,kami biasa mejeng di base camp depan walikota Depok saban hari minggu pagi antara jam 07.00 sd jam 10.00

  18. Rangga Tohjaya - DeFOC 0919 berkata:

    Demikianlah kisah kami..jangan melupakan sejarah..bisa kualat lu….
    yg terang DeFOC bukan menjaring anggota yg cuma sekedar coba coba “belajar naik onthel”..tetapi DeFOC ingin punya “saudara” yg benar benar mencintai onthel lahir bathin.
    Karena jenis manusia hanya ada dua : manusia yg nggak senang sepeda dan manusia yg sangat mencintai sepeda…..nah harapan kami jenis yg kedua ini yg akan menjadi anggota DeFOC……loh?…….yah harapan khan ya boleh boleh saja toh…..lagian berharap juga gratis kok….he he he he
    Mari kita jalin persahabatan (boleh dibaca : persaudaraan) yang hakiki……
    Makaten atur kulo……monggoooooooooo…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s